Sabtu, 25 Juni 2011

Businnes Plan

Sekarang saya lagi sibuk banget, banyak banget yang mau dikerjain mau itu di pengurusan organisasi yang saya ikuti maupun menjadi panitia pada even-even yang dilaksanakan kampus. Dan salah satu kegiatan yang saya ikuti adalah mengikuti lomba bertaraf nasional yaitu "Bussines plan", disini saya dan keempat teman saya siap mengikuti lomba yang memberikan hadiah sangat menggiurkan dan hitung-hitung disini saya juga dapat menemukan pengalaman baru. ketika sibuk mencari hal apa saja yang harus saya persiapkan untuk mengikuti lomba ini saya menemukan sebuah artikel menarik saat saya lagi browsing di internet tentang persiapan dalam perencanaan bisnis. oke, dalam mempersiapkan bisnis kita harus meyiapkan sebuah perencanaan bisnis yang baik, rencana bisnis yang baik harus dapat menjelaskan 4 (empat) bagian penting berikut:
1. Gambaran usaha (description of the business)
2. Pemasaran (marketing plan)
3. Keuangan (financial management plan)
4. Manajemen (management plan)
       
       Agar lebih meyakinkan, akan lebih baik bila rencana bisnis dilengkapi dengan executive summary, dokumen pendukung dan proyeksi keuangan. Gambaran usaha / bisnis harus dapat menjawab pertanyaan :
1. Usaha apa yang akan dilakukan?
2. Siapa yang akan mengelolanya?
3. Kapan, dimana dan bagaimana usaha itu dijalankan?
4. Apa yang membuat usaha itu unik dibandingkan pesaing?
      
       Pada umumnya, gambaran usaha terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut:
a. Legalitas : bentuk usaha serta ijin-ijin yang dimiliki
b. Tipe usaha : perdagangan, perindustrian, jasa
c. Usaha baru, pengambilalihan, pengembangan, atau bisnis waralaba (franchise)
d. Prospek dan kemungkinan pengembangannya
e. Kapan, dimana dan bagaimana pelaksanaannyaf.
      
       Latar belakang pemilik dan pengelola Produk atau jasa yang ditawarkan
a. Jenis. produk atau jasa yang dihasilkan
b. Keunggulan produk atau jasa tersebut
c. Masukan dari pelanggan dan calon pelanggan
d. Antisipasi terhadap kemungkinan persaiangan produk atau jasa Lokasi usaha, dan mengapa lokasi tersebut dipilih.
a. Persyaratan lokasi
b. Ruang atau lingkungan yang diperlukan
c. Akses ke lokasiRencana Pemasaran Pemasaran memainkan peranan penting bagi kesuksesan usaha.
Kunci utamanya, kita harus memahami kebutuhan atau keinginan pasar (pelanggan). Oleh sebab itu, strategi pemasaran harus benar-benar matang dan bisa menjawab pertanyaan berikut : Siapa target pasar yang dibidik? Pasar seperti apa yang dihadapi? Sedang berkembang, statis atau menurun?Apakah pangsa pasar dapat ditingkatkan? Bagaimana cara menarik pelanggan, mempertahankan pelanggan, serta meningkatkan pangsa pasar?
       
        Dalam rencana pemasaran, kita juga perlu memperhatikan: Pesaing atau kompetitor
a. Siapa 5 (lima) besar pesaing langsung yang dihadapi?
b. Adakah pesaing tak langsung yang akan dihadapi?
c. Bagaimana kondisi usaha mereka?
d. Apa yang dapat dipelajari dari operasi mereka?
e. Apa kelemahan dan keunggulan mereka?
f. Apa perbedaan, keunggulan dan kelemahan produk atau jasa yang mereka tawarkan?
Strategi harga :
a. Harga dan biaya retail
b. Harga pasar rata-rata
c. Harga dibawah pasar, diatas pasar dan kemungkinan adanya harga bertingkat iklan dan promosi.

      itulah sedikit ilmu yang saya bagikan ke teman-teman dalam merancang suatu bisnis, semoga ini semua benrmanfaat.


sumber: http://pulsatermurah.com/rencana-bisnis-membuat-rencana-bisnis/#more-1581

Tidak ada komentar:

Posting Komentar